Selasa, 04 Maret 2008

Usaha & Do’a, Menjemput Kehidupan Bahagia

Saudaraku...
Termasuk hal2 yg dpt mendatangkan kesenangan & menghilangkan kesedihan adl berusaha menghilangkan faktor yg menyebabkan kesedihan tsb serta berusaha mencari faktor yg dpt mendatangkan kesenangan yg KITA inginkan.
Caranya yaitu melupakan musibah2 yg sudah berlalu & tdk mungkin bisa KITA atasi.
Juga hrs dipahami, menyibukkan pikiran dgn hal2 tsb adl perbuatan sia2, tdk berguna & gila.

Dgn dmkn KITA hrs berusaha agar hati ini tdk lagi memikirkan hal2 tsb, berusaha menghilangkan kegelisahan hati ini kekurangan, perasaan takut atau lainnya dr kekhawatiran yg KITA bayangkan pd masa depan.
Maka hrs KITA pahami bhw masa depan tdk bisa diketahui, termasuk di dlmnya masalah kebaikan, kejelekan, harapan2 & musibah.
Semuanya berada di Tangan Alloh Subhanahu wa Ta’ala Yg Maha Perkasa & Maha Bijaksana. Manusia tdk kuasa apa2 kecuali berusaha mendptkan kebaikan & menolak kemudharatan.
Dgn dmkn seorang hamba mengetahui, bila KITA tdk gelisah memikirkan nasibnya yg akan datang, bertawakkal kpd ALLOH utk memperbaiki nasibnya serta merasa tentram dengannya, maka hati ini akan tenang, kondisinya akan membaik & akan hilang kesedihan serta kegelisahannya.

Termasuk hal yang paling berguna utk menyambut masa depan yg baik adalah :
Menggunakan DO'A yg pernah dipanjatkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yg artinya :
“Ya Alloh, Perbaikilah Agamaku yg mrpk urusan pokokku, Perbaikilah duniaku yg di dlmnya terdpt kehidupanku, Perbaikilah akhiratku yg ke sanalah tempat kembaliku. Jadikanlah kehidupan ini tambahan bagiku dlm setiap kebaikan & (jadikanlah) kematian itu keterlepasan bagiku dr setiap keburukan.” (HR: Muslim)

Begitu pula do’a beliau, yg artinya:
Ya Alloh, Aku mengharapkan rahmatMu, maka janganlah Kau pasrahkan (urusan)ku pd diriku sendiri walau sekejap mata. Dan perbaikilah urusanku semuanya. Tdk ada sesembahan yang Haq melainkan Engkau.” (HR: Abu Daud dengan sanad shahih)

Bila seorang hamba memanjatkan DO'A ini utk kebaikan Agama & Dunianya pd masa yg akan datang disertai hati yg hadir, Niat yg benar & memang berusaha untuk itu, niscaya ALLOH Subhanahu wa Ta’ala mengabulkan DO'A, Harapan & Apa yg Kita usahakan.
Mari KITA ubah kesedihan menjadi kebahagiaan & kesenangan, mulai saat ini & jangan lupa selalu ber-DO'A.
Salam...

Tidak ada komentar: